Pergerakan Sesar Garsela Picu Gempa Lagi di Kabupaten Bandung Sore ini

Gempa tektonik bermagnitudo 2,8 menggoyang sebagian wilayah Kabupaten Bandung, Selasa petang, 7 Desember 2021. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat waktu kejadian gempanya pada pukul 18.18 WIB. Sumber gempa terdeteksi berada di darat.

Dampak gempa terasa di daerah Pangalengan dengan skala intensitas II MMI. Getaran gempa dirasakan oleh beberpa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sejauh ini belum ada laporan dampak kerusakan.

Dari hasil analisis BMKG, gempa bersumber di darat. Lokasinya sekitar 11 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 16 kilometer. “Gempa jenis dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan), “ kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho lewat keterangan tertulis.

Hingga pukul 18.55 dari pantauan BMKG nihil gempa susulan. Pusat sumber gempa berada pada koordinat 7,24 derajat Lintang Selatan dan 107,64 derajat Bujur Timur. Dalam kurun waktu kurang dari sepekan terakhir, pergerakan Sesar Garsela telah menimbulkan tiga kali gempa.

Sebelumnya terjadi Sabtu, 4 Desember 2021, dengan magnitude 2,9. Getarannya terasa di Pangelengan dan Kertasari dengan skala intensitas II MMI. Sumber gempa berada pada koordinat 7,25 derajat Lintang Selatan dan 107,60 derajat Bujur Timur.

Sementara pada Rabu 1 Desember 2021, pergerakan Sesar Garsela menimbulkan gempa bermagnitudo 3,7. Guncangan gempa terasa kuat di wilayah Pasirwangi, Kamojang, dan Paseh. Berskala intensitas gempa IV MMI, getarannya dirasakan oleh orang banyak di dalam dan luar rumah, bisa memecahkan gerabah, membuat jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi.

Adapun di Kota Garut, Pangauban, Bayongbong, Cikajang, Samarang, Ciparay, gempa terasa dengan Skala Intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu. Lokasi sumber gempa itu berada di arah barat daya kaki Gunung Kendang, Kabupaten Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.